Pages

Tuesday, February 22, 2011

Penyakit darh manis

Saya, Anggra 24 tahun. Saya mempunyai penyakit darah manis. kalau saya digigit nyamuk atau serangga lainnya akan meninggal bekas luka yang berwarna hitam pada kaki dan tangan saya. Yang saya tanyakan bagaimana cara menghilangkan bekas luka yang hitam tersebut pada kaki dan tangan saya dan juga adakah obat yang aman untuk menghilangkan darah manis yang saya derita? terima kasih

- Anggra -

Jawaban :Â

Yang Saya hormati ibu Anggra,Â

Perlu diketahui bahwa penyakit darah manis yang dimaksud oleh Anggra mungkin adalah dermatitis atopi atau eksim, yaitu sebuah kondisi kronis (lebih dari 1 bulan) yang biasanya disertai asma. Pemicunya bisa disebabkan oleh kombinasi kulit yang kering dan teriritasi dengan daya tahan tubuh yang menurun. Mungkin saat anda tidur, anda tidak sadar digigit nyamuk, sehingga menimbulkan gatal yang jika digaruk akan menimbulkan reaksi gatal yang lebih hebat, lalu anda garuk2 menggunakan kuku.

Penyakit ini tidak bisa hilang melainkan dengan mengurangi rasa gatal dan mencegah kekambuhan. Bisa menggunakan krim kortikosteroid yang potensi rendah (tanpa resep) tapi harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda karena obat tersebut memiliki banyak efek samping, jika rasa gatal sangat hebat maka gunakan tablet antihistamin seperti diphenhydramin yang menyebabkan mengantuk, compres untuk mencegah infeksi pada luka terbuka, imunomodulator, fototerapi menggunakan sinar ultraviolet buatan.

Cara meminimalisir kulit kering: kurangi frekuensi mandi, mandi hanya 15-20 menit, gunakan air hangat, gunakan 'baby oil', hanya gunakan sabun2 tertentu (deodoran dan sabun antibakteri membuat kulit lebih kering), gunakan sabun pada wajah, bawah lengan, area genital, tangan dan kaki.

Untuk mengurangi gatal: coba kenali hal2 yang memperburuk inflamasi, misal suhu yang cepat berubah, berkeringat, dan stres. Cegah kontak dengan kain wUntuk mengurangi gatal: coba kenali hal2 yang memperburuk inflamasi, misal suhu yang cepat berubah, berkeringat, dan stres. Cegah kontak dengan kain wol, katun. Bisa gunakan lotion calamine. Cegah garukan, tutupi area gatal dengan kasa/balutan, potong kuku, gunakan sarung tangan di malam hari, gunakan sabun tanpa pewangi, pastikan sabun tercuci bersih dari tubuh nada, gunakan minyak atau krim ketika tubuh masih basah, gunakan pelembab,pakailah kain atau pakaian yang dingin dan halus sehingga tidak menyebabkan gatal, wol, katun. Bisa gunakan lotion calamine. Cegah garukan, tutupi area gatal dengan kasa/balutan, potong kuku, gunakan sarung tangan di malam hari, gunakan sabun tanpa pewangi, pastikan sabun tercuci bersih dari tubuh nada, gunakan minyak atau krim ketika tubuh masih basah, gunakan pelembab,pakailah kain atau pakaian yang dingin dan halus sehingga tidak menyebabkan gatal.

Untuk menghilangkan noda hitam bekas garuk bisa menggunakan Sureface ataupun bioplacenton atau konsultasi dengan dokter kulit

Demikian penjelasan dari saya, semoga Anggra dapat memahaminya.

- Dr. Niken Sasanti Ardi -Â

No comments: