Pages

Tuesday, April 19, 2011

Mimisan Tak Pernah Berhenti

Saya mengalami mimisan yg tak pernah berhenti. Setelah mimisan itu terjadi kepala saya pusing dan lemas, badan saya pun panas. Sebenarnya saya sakit apa ya dok?

-Anita-

Jawaban:

Anita yang baik,

Sayang sekali informasi yang saya terima tidak lengkap. Pada daerah hidung, memang ada daerah yang sangat rentan terhadap trauma (misal : mencungkil hidung, terbentur, dll), panas (demam, suhu panas terik), dingin (winter), tekanan darah tinggi, penyakit virus (demam berdarah) dll. Pembuluh darah didaerah tersebut sangat mudah pecah pada keadaan yang saya sebutkan tadi. Adakah salah satu dari yang saya sebutkan tadi menjadi penyebab mimisan yang anda alami?

Jika mimisan tidak bisa berhenti sama sekali, atau sangat sering terjadi maka kemungkinan yang bisa terjadi adalah turunnya kadar hemoglobin darah anda (Hb). Salah satu fungsi dari Hb tersebut bisa dikatakan sebagai alat transportasi oksigen dan zat penting dalam tubuh dari pusat hingga ke otak dan ujung jari kaki dan tangan. Jika alat transportasi tersebut kurang memadai, maka jumlah oksigen dan zat penting yang seharusnya sampai ke otak menjadi berkurang sehingga anda menjadi pusing.

Sementara mengenai demam, kemungkinan anda sudah mengalami demam sebelum mimisan, namun anda tidak menyadarinya.

Ada baiknya anda berkonsultasi langsung dengan Dokter THT yang ada di kota anda untuk mencari penyebab mimisan yang anda derita.

Demikian jawaban dari saya, semoga anda memahaminya.

Wassalam,

dr. Ira Riza

No comments: