Pages

Monday, August 1, 2011

Hubungan Intim, Kok Becek

SORE dokter. Perkenalkan Saya Nina (23) dan suami (27). Kami sudah tiga tahun menikah dan belum dikaruniai momongan. Akhir-akhir ini saya merasa ganjil saat berhubungan intim dengan suami. Rasanya becek dan berair sekali. Saya sudah mengurangi konsumsi makanan yang cenderung membuat becek tetapi tetap sama.

Dulu saya pernah keguguran pada usia kehamilan yang masih sangat muda. Apakah hal-hal tersebut yang membuat saya tidak bisa hamil? Satu lagi dokter, saya ingin menanyakan apakah berhubungan saat menstruasi berbahaya dan menyebabkan penyakit permanen? Terima kasih.

Jawaban:


Nina, becek yang terjadi karena respon seksual adalah normal, kecuali sudah becek sebelum bercumbu. Mungkin hal itu adalah infeksi lendir mulut rahim.

Penyebab infertilitas sangat banyak dan kompleks oleh karena itu segera periksakan pada ahlinya. Sementara soal berhubungan badan saat mentruasi memang tidak dianjurkan, baik menurut kesehatan maupun agama.

Salam


dr Nugroho Setiawan, Ms, SpAnd

No comments: