Pages

Monday, August 1, 2011

Tidak Minum Kurangi Frekuensi Buang Air Kecil?

DOKTER Yth, saya wanita usia 28 tahun. Saat ini saya bekerja sebagai marketing di sebuah perusahaan layanan internet. Saya mempunyai keluhan frekuensi kencing yang tinggi sekali. Apalagi bila saya banyak minum air putih, karena saya memang kuat minum. Hal itu sudah lama saya alami sejak kuliah hingga sekarang, dan sangat mengganggu aktivitas saya.

Lebih dari 10 kali saya bisa bolak-balik ke kamar mandi dan tidur malam, sehingga saya pun sering terganggu, karena bisa dipastikan minimal dua kali saya bangun untuk kencing. Saya pernah diurut, karena ada yang mengatakan hal itu terjadi karena kandung kemih saya turun. Beberapa kali saya diurut, tapi tetap tidak ada perubahan.

Apakah mungkin itu berpengaruh pada kondisi fisik saya? Tubuh saya tidak pernah gemuk, bahkan mudah sekali kurus. Walau mungkin tinggi badan 163 sentimeter dan berat badan yang tidak pernah lebih dari 50 kilogram sudah ideal, saya ingin tubuh lebih gemuk.

Keluhan lainnya adalah meski saya kuat minum air putih dan suka makan sayuran, tapi kulit saya kering dan bersisik.

Apakah air yang masuk ke tubuh saya tidak ada gunanya, karena langsung keluar lagi? Saya pernah iseng menakar air kencing saya, ternyata air kencing saya sama banyaknya dengan air yang saya minum. Sekarang saya jadi malas minum. Sehari paling dua gelas saja.

Bagaimana dokter, tolong beri saya solusi. Saya stres dan khawatir kebiasaan sering buang air kecil ini berdampak buruk buat saya di kemudian hari.

Terimakasih
Zenni Purhaningsih
Jalan Ikan Sebelah nomor III Teluk Betung, Bandar Lampung-35223
0721-483XXX

Jawaban:

Keadaan sering kencing mempunyai banyak kemungkinan, antara lain infeksi saluran kencing, kencing tidak tuntas (masih meninggalkan residu di kandungan kemih), atau kelemahan otot dasar panggul.

Solusi mengurangi minum tidak dianjurkan, minimal minum dua liter dalam satu hari jadi solusi yang baik. Datang ke dokter untuk dicari penyebab serta pengobatannya.


Salam
dr Nugroho Setiawan, Ms, SpAnd

No comments: