Pages

Monday, August 1, 2011

Menunda Kehamilan Sebabkan Kurang Subur?

SELAMAT pagi dok, saya seorang ibu rumah tangga bernama Tanti (25), sudah 7 bulan saya menikah, tapi sampai saat ini kami belum mendapatkan seorang anak.

Memang awalnya saya dan suami sempat menunda karena alasan pekerjaan. Tapi saat ini kami berdua sangat menginginkan adanya seorang anak. saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan, di antaranya:

1. Apa masa subur seorang wanita itu adalah 15 hari?
2. Di saat masa subur itu apa waktu yang tepat untuk berhubungan dan cara yang baik untuk mendapatkan anak?
3. Saya baca di rubrik seksualitas tentang "asam folat untuk normalkan sperma", apa dokter bisa menjelaskan makanan apa saja yang mengandung asam folat?

Sudi kiranya dokter dapat memberi tip untuk kami mendapatkan seorang anak.

Terima kasih

Tanti Aprila Lia [aprilia_uny@yahoo.com]

Jawaban:

Yang dikatakan pasangan kurang subur atau infertilitas adalah pasangan yang telah melakukan hubungan seksual secara teratur (2 s/d 3 kali dalam seminggu) tanpa kontrasepsi satu tahun atau lebih isterinya belum hamil.

Jadi Tanti yang baru 7 bulan menikah dan lebih lebih awalnya berusaha menunda kehamilan belum dapat dikatakan pasangan kurang subur. Masa subur wanita lebih kurang hanya 24 jam di dalam satu siklus haid masa subur wanita umumnya 14 hari sebelum mentsruasi atau haid yad, sedang haid yad sulit ditentukan karena panjang siklus berubah-ubah kadang maju kadang mundur beberapa hari.

Yang perlu diketahui sperma yang ada di organ reproduksi wanita bisa bertahan hidup sampai tiga hari dengan syarat sperma dan lendir mulut rahim normal dan kualitas sperma pria yang terbaik disepakati tersimpan pada pria antara 3 hari sampai 5 hari. Oleh karena itu jika menginginkan kehamilan disarankan melakukan hubungan seksual tiga hari sekali Untuk mengetahui kualitas sperma baik atau tidak dianjurkan periksakan ke laboratorium khusus kesuburan.


Salam

dr Nugroho Setiawan, Ms, SpAnd

No comments: