Pages

Tuesday, December 11, 2012

Penis Bengkak Seperti Jambu Monyet

Dok, penis yang terasa sakit seperti bengkak atau terpukul dan terus berlanjut. Sakit tersebut juga saya rasakan di kiri dan kanan sedikit di atas paha (segaris dengan sabuk celana).

Ukuran skrotum saya jadi besar sebelah, yang kanan lebih besar dan terangkat naik daripada yang kiri. Setelah saya raba, ternyata ukuran testis kanan lebih besar dari yang kiri. Di atas testis kanan terdapat benjolan yang ukurannya kira-kira 1/4 testis saya dan kalau ditekan terasa padat. Kalau dianalogikan, testis saya mirip jambu mete atau jambu monyet.

Pertanyaan:
1. Apakah benjolan atau gumpalan itu adalah daging yang menyumbat aliran sperma keluar? Saya sudah bereksperimen kalau masturbasi atau mengeluarkan sperma maka testis kanan saya sakit sekali.
2. Apakah ini termasuk kanker testis?
3. Apa yang harus dilakukan, kalau saya ke rumah sakit harus menemui dokter apa dan siapa? RS mana ya?
4. Kira-kira pengobatannya mahal nggak?
Berita baik dari dokter saya tunggu dan terimakasih dok.

Dimaz (Pria Lajang, 28 Tahun), ajahdimaz@yahoo.com
Tinggi Badan 168 cm dan Berat Badan 62 kg


Jawaban

Testis yang membengak itu terjadi karena radang testis yang disebut epididimitis. Epididimitis ini merupakan radang testis dengan gejala membengkak, panas dan terasa sangat sakit pada waktu baru terjadi. Penyebabnya bisa karena infeksi ataupun karena trauma misalnya kecelakaan saat bermain bola.

Sesudah sembuh kadang-kadang saluran sperma tersebut bisa mengalami pengerasan yang disebut sebagai fibrosis. Jika anda masturbasi testis kanan terasa sakit, bisa karena radangnya belum selesai ataupun bisa karena saluran sperma yang tidak lancar.

Ini bukan termasuk kanker testis. Anda dapat berobat ke dokter kulit dan kelamin untuk mengetahui ada atau tidaknya radang. Namun bila proses ini sudah lama, sudah tidak ada lagi radang dan bengkak itu hanya merupakan gejala sisa maka sebaiknya Anda berobat ke dokter bedah urologi.

dr Eddy Karta SpKK

1 comment:

Anonymous said...

dok caranya nge post disini gmana ya ?
saya mau tanya soalnya hehe