Pages

Tuesday, April 30, 2013

Benarkah Operasi Usus Buntu Sebabkan Hamil di Luar Kandungan?

Selamat sore dokter. Baru 25 hari ini saya operasi caesar karena hamil di luar kandungan. Padahal tidak ada di keluarga saya yang mengalami hal yang sama seperti saya. Pertanyaannya adalah, apa penyebab dari hamil di luar kandungan, Dok?

Dokter kandungan yang menangani saya mengatakan bahwa ada hubungannya dengan operasi usus buntu yang baru 7 bulan dilakukan, karena ada tekanan di saluran indung telur sehingga terjadi penyempitan. Apa bisa seperti itu? Atau ada faktor lain? Dan saya tidak ada kista. Dan apakah 3 bulan setelah operasi saya langsung bisa hamil? Apa tidak berbahaya? Mohon petunjuk dan informasinya, dokter. Terimakasih.

Andrina (Perempuan Menikah, 38 tahun), 721027xxx@gmail.com
Tinggi Badan 158 cm dan Berat Badan 57 kg

Jawaban:

Untuk memahami hamil di luar kandungan, perlu dipahami terlebih dahulu proses terjadinya kehamilan. Kehamilan dimulai dengan terjadinya pembuahan sel telur oleh sel sperma di pangkal saluran telur.

Sel telur yang telah dibuahi ini akan ditranspor melalui saluran telur ke dalam rongga rahim, kemudian tertanam dalam dinding rongga rahim. Bila transpor ini terganggu, kehamilan ini akan berkembang di luar rongga rahim yang disebut sebagai hamil di luar kandungan.

Gangguan terhadap transpor ini bisa diakibatkan oleh peradangan/infeksi di dalam saluran telur atau dalam rongga perut (misalnya peradangan usus buntu) yang menyebabkan penyempitan/tertekuknya rongga saluran atau kerusakan struktur saluran telur. Kehamilan tidak perlu ditunda setelah tindakan operasi untuk penanganan hamil di luar kandungan.

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG

No comments: