Pages

Wednesday, May 8, 2013

Cara Hilangkan Bekas Luka Semburan Korek Gas pada Anak Usia 5 Tahun

Dear dokter, anak saya berusia 5 tahun beberapa waktu yang lalu muka dan tangannya terkena semburan korek gas dari tempat sampah. Yang saya tanyakan, luka bakar yang ia alami sudah sembuh, saya tidak pernah membawanya ke RS.

Pernah saya bawa ke klinik tetapi ditolak sehingga saya obati sendiri, saya mengobatinya dengan obat inisial B, tetapi sudah 2 bulan pemakaian bekas masih terlihat walau sekedar bercak dan merah. Apa yang harus saya lakukan biar wajah dan tangan anak saya mulus seperti sedia kala? Saya tunggu jawabannya. Terimakasih.

Salam Ellen

Ellen (Perempuan menikah, 33 tahun)
ellen@XXXX.com
Tinggi badan 165 cm, berat badan 62 kg

Jawaban

Salam Ellen,

Sayangnya tidak dilengkapi cerita bentuk luka bakar yang waktu itu terjadi. Namun menilik dari cerita bekas luka bakar ini, saya menduga luka bakar tersebut tidaklah dalam. Luka bakar yang dalam, misalnya terbentuk gelembung dan jaringan mati (nekrotik) di bagian bawah kulit akan menimbulkan bekas yang lebih permanen.

Pertumbuhan kulit anak usia 5 tahun masih sangat baik sehingga bekas luka bakar tersebut akan menghilang dengan seiring waktu. Sementara penggunaan krem pelembab anak anak/baby cream dapat digunakan. Jika warna tidak memudar dalam beberapa bulan, dapat berkonsultasi dengan dokter tentang pilihan krem untuk menyamarkan noda hiperpigmentasinya.

dr. Eddy Karta, SpKK

No comments: