Pages

Saturday, June 1, 2013

Keluar Daging Sebesar Bola Pingpong, Apakah Itu Keguguran?

Pada bulan September 2010 saya mengalami keguguran. Awalnya hanya keluar darah cokelat yang tak kunjung berhenti setelah saya periksa ke RS dikasih obat untuk mengeluarkan semuanya tetapi belum berhasil dengan obat tersebut.

Kemudian saya kembali lagi dan diberi obat yang sama, ditambah dengan 1 obat lagi. Tapi belum sempat saya tebus sudah keluar daging sebesar bola pingpong dan setelah itu keluar darah seperti mens dan beberapa hari darah saya langsung berhenti tanpa minum obat tersebut.

Pertanyaan saya apakah keluarnya daging tersebut itu yang dinamakan keguguran? Apakah saya masih bisa hamil lagi? Obat apa yang harus saya minum? Sebelumnya terimakasih atas bantuannya.

Dhayen (Perempuan Menikah, 38 tahun), dhayenchxxx@yahoo.com
Tinggi Badan 168 cm dan Berat Badan 48 kg

Jawaban:

Keluarnya jaringan hasil pembuahan dari dalam rongga rahim yang biasanya disertai dengan perdarahan dinamakan keguguran. Tentunya Saudari masih bisa hamil dan menurut data penelitian dari Skotlandia, kehamilan tidak perlu ditunda setelah keguguran. Dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat 800 ug/hari yang sebaiknya dilakukan 3 bulan sebelum kehamilan berikutnya.

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG

2 comments:

Unknown said...

mslh sy hampir sm sprti itu..anak pertama sy br lahir 19 mei 2013. saat sy tau 3 mnggu yg lalu trnyata sy hamil lg..krna anak sy msih trll kcil skli..sy berencana u/ meggugurkan kandungan sy dengan mnum obat racikan gugur kandung yg sy beli di sebuah toko obat.stlah sy mnum obat pertama 4 jam kmudian sy lgsung kluar darah tapi blm ada gumpalan ati atau daging msh darah cair yg kluar slma 5 hari berturut2. stlh sy mnum obat yg ke dua tdk kluar darah sm skli. tapi lgsung kluar sprti ati sebesar jempol tangan.pada saat kluar ati itu sy tdk mrasakan sakit perut, biasa sj.. tp sy msh merasakan sprti orang hamil mual & pusink..pertanyaan sy dok. apakah sy masih hamil atau tdk. jika sy msh hamil apakah bahaya atau ada efek'a u/ janin sy krna sy sdh mnum obat gugur kandungan..??

Unknown said...

Bun...gmana caranya posting pertanyaan? Trimaksih