Monday, January 13, 2014

Anak Alami Kaki Bengkok, Tapi Orangtuanya Takut Dioperasi

Dok, anak saya kembar, laki-laki usia 2,5 tahun dan mempunyai masalah clubfoot. Waktu umur 9 bulan telah di gips di sebuah rumah sakit, tapi belum bagus sehingga harus operasi. Adakah resiko setelah operasi? Dari sesama orangtua yang anaknya mengalami clubfoot bilang anaknya harus operasi ulang karena hasil belum bagus. Apakah bisa sarafnya mengalami masalah setelah dioperasi sehingga mengakibatkan tidak bisa jalan? Saya mohon pendapat dari dokter. Terimakasih

Martin (Laki-laki Menikah, 36 Tahun), martinXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 170 Cm, Berat Badan 55 Kg

Jawaban

Congenital talipes equinovarus (CTEV) atau clubfoot adalah kelainan berupa kaki yang plantar-fleksi atau bahasa awamnya kaki bengkok ke dalam. Pada dasarnya terapi terbagi dua yakni non operatif dimana dilakukan pembidaian secara berkala sejak lahir dengan menggunakan gips atau sepatu khusus dan tindakan operatif untuk mengkoreksi deformitas/kecacatan bila non operatif gagal.

Bayi dengan CTEV yang ringan, pada umumnya dapat dikoreksi dengan baik dan terapi cukup koreksi dengan gips saja. Nah cobalah bapak konsultasi ulang ke dokter bedah untuk mengetahui kondisi pastinya serta kemungkinan lain.

Dr Aditya Suryansyah SpA

No comments: