Saturday, August 16, 2014

Makanan Pantangan Supaya Asam Urat Tak Naik

Mbak Victoria, ayah saya umurnya 58 tahun, dia punya asam urat. Makanan apa sih Mbak yang sebaiknya dihindari untuk menghindari naiknya asam urat? Misalnya emping atau kangkung dibilang bisa menaikkan asam urat, apa pasien asam urat benar-benar nggak boleh makan makanan seperti itu? Mohon jawabannya.

Hendra (Laki-laki menikah 35 tahun)
suhendra.XXXXX@gmail.com
Tinggi badan 170 cm, berat badan 67 kg

Jawaban

Untuk makanan, saran saya:
1. Hindari makanan yang menghasilkan banyak purin seperti seafood (udang, kerang, ikan asin), jeroan dan makanan-makanan beragi/hasil fermentasi (termasuk minuman alkohol)
2. Pilih produk makanan (susu, daging, ayam) rendah lemak. Untuk daging dan ayam bisa dibuang kulit dan lemak-lemak yang menempel
3. Kurangi/hindari gula tambahan seperti gula putih dan madu juga jus buah
4. Kurangi konsumsi kopi

Konsumsi emping atau kerupuk memang sebaiknya dihindari karena mengandung banyak lemak (hasil menggoreng) sementara konsumsi kangkung saat ini belum ada bukti bahwa kangkung menyebabkan serangan asam urat AKAN tetapi masing-masing individu mungkin saja bereaksi terhadap makanan yang spesifik sehingga bisa di-trial and error makanan mana yang sebaiknya juga dihindari (sebagai tambahan dari list di atas).

Leona Victoria Djajadi MND

No comments: