Monday, September 29, 2014

Pelumas Paling Pas untuk Atasi Kekeringan Miss V

Salam dr Andri, saya wanita 56 tahun dan sudah menopause 3 tahun lalu. Saat ini saya berhubungan intim dengan suami paling-paling 3 bulan sekali. Nah, beberapa waktu lalu saya mencoba menggunakan pelumas seperti gel begitu karena sebelumnya Miss V saya selalu nyeri setelah bercinta tapi saya tahan. Tapi, suami saya merasa kurang nyaman ketika saya menggunakan pelumas. Bagaimana ya Dok solusinya? Apa ada pelumas jenis lain yang bisa digunakan untuk mengatasi kekeringan Miss V saya ini? Mohon bantuannya.

Arida (Perempuan menikah, 56 tahun)
aridaXXXX@gmail.com
Tinggi badan 158 cm, berat badan 55 kg

Jawaban

Yang Anda keluhkan sebagai wanita berusia 56 tahun, sudah menopause, dikenal sebagai lubrikasi (pelendiran) vagina yg menyusut, adalah normal.
Hal ini yg membuat nyeri saat hubungan intim, maka perlu dibantu dengan pelumas, misalnya KY Jell, V-gell.

Dengan kerja-sama dengan suami, lakukan foreplay lebih lama menjelang hubungan intim, secara manual atau oral pada zona zona erotik tubuh Anda yg paling peka. Tujuannya, agar lubrikasi vagina yg sudah minim bisa sedikit terpicu. Minimnya lubrikasi vagina disebabkan oleh penurunan kadar hormon estrogen, progesteron pada wanita yg sudah menopause.

Untuk menghambat proses penurunan kadar hormon hormon tersebut tadi, lakukanlah: olahraga teratur minimal 30 menit, 3-4 kali seminggu, misalnya brisk-walking, renang; hindari & atasi stress; makanan sehat-seimbang: banyak sayur, buah, cukup protein, rendah kalori & lemak dan ciptakan keseimbangan antara kesibukan & relaksasi.

Dr. Andri Wanananda MS

No comments: