Wednesday, August 19, 2015

Kenapa Kencing Berbau Menyengat?

Dok, kenapa kencing saya berbau menyengat dan berwarna kuning kecoklatan? Baunya bukan pesing tapi lebih mirip amis. Apalagi kalau kurang minum air. Pada 2 tahun lalu saya pernah kena infeksi saluran kencing dan saya pernah keguguran setahun lalu. Apa ada hubungannya dengan kandungan? Saya harus periksa ke bagian penyakit dalam atau kandungan?

Ami (Perempuan Menikah, 22 Tahun), mamiXXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 159 Cm dan Berat Badan 53 Kg

Jawaban

Kencing berbau dan bewarna dapat disebabkan oleh makanan, minuman atau disebabkan penyakit. Apa yang kita konsumsi biasanya akan terbau dalam urine.

Tapi perlu diingat juga, perubahan warna urine yang tidak biasa belum tentu pertanda bahaya. Obat-obat tertentu dapat mengubah urine menjadi berwarna kuning atau coklat. Tapi jika berwarna merah biasanya tanda bahwa ada darah dalam urine. Hanya sedikit saja darah dalam urine dapat menjadi tanda gejala yang serius seperti infeksi. Jika melihat ada darah dan juga urine terlihat berawan, ada kemungkinan telah terjadi infeksi.

Urine juga biasanya tidak memiliki bau yang sangat kuat. Jika tercium bau sesuatu yang sangat pedas, bisa jadi ada infeksi atau batu kemih yang dapat menyebabkan aroma seperti amonia. Penderita diabetes mungkin menyadari urinenya berbau manis karena kandungan gula yang berlebih.

Oleh karena itu sebaiknya dapat di konsultasikan ke dokter dan biasanya dapat diketahui penyebabnya setelah Ibu mengkonsultasikan keluhan Ibu lebih rinci dan dengan pemeriksaan urine sederhana.

Dr. Patriot Muslim Sp.U

No comments: