Pages

Monday, June 28, 2010

Kaki dan Tangan kesemutan

Dok saya mau nanya, umur saya 29 thn. Kaki dan tangan saya sering kesemutan dan keringatan. Kepala kadang pusing dan merasa mual. Saya sdh medical check up katanya semuanya normal. Riwayat kesehatan saya, saya pernah mengalami sakit typus. Tolong jawabannya dok kira-kira saya sakit apa, dan bagaimana solusinya?

- Rizal Manukallo -

Jawaban :

Sebelumnya saya ingin bertanya, anda bekerja dimana dan kegiatan rutin apa yang anda biasa lakukan?apakah anda saat ini sedang banyak pikiran atau sedang stres? Bila hasil MCU anda normal, kadang gejala seperti kesemutan dan keringat salah satu bentuk kecemasan psikis.
Â
Namun perlu juga ditinjau dari kegiatan rutin apa yang biasa anda lakukan, karena bila lebih dari 2 jam kita dalam posisi yg selalu sama, tubuh akan terasa cepat lelah dan terkadang kesemutan salah satu gejala yg paling sering dirasakan.Keringat pada tangan pun ada berbagai kemungkinan, ada yg hanya reaksi saraf simpatis yang berlebihan tapi itu hal yang normal, atau bisa juga gejala hipertiroid tapi gejala tidak hanya keringatan tapi biasanya juga disertai ada perasaan jantung berdebar, emosi yg berlebihan, namun bila gejala itu tidak ada, berarti keringatan itu hanya reaksi saraf biasa, kesemutan dan keringetan bisa terpicu karna stres psikis atau juga kelelahan fisik.
Â
Ada berbagai hal yg harus anda lakukan, yaitu berolahraga teratur, makan dalam porsi seimbang, bila perlu anda mengkonsumsi vitamin B1, B6 dan vit B12 untuk vitamin saraf sehingga meringankan kesemutan yang anda rasakan, namun yang paling penting istirahat yang cukup, tidak stres dan berdoa agar anda selalu diberi kesehatan yang baik.Semoga saya dapat membantu solusi anda.

SalamÂ

-Dr. Olin Firmianita-

No comments: