Pages

Monday, June 28, 2010

Nyeri pinggang

Pertanyaan:

Dokter yang terhormat. Saya berumur 37 tahun dengan anak satu. Semenjak saya mengontrak dan hidup saya pas-pasan hingga tidur dilantai tanpa kasur. Mungkin dari situ pinggang belakang saya mulai ngilu dan pegal-pegal rasanya pengen dipilintir dan dipijat keras-keras. Walhasil kadang terasa enak sesaat dan begitu seterusnya pegal-pegal. Perlu diketahui, saya kerja naik motor 2 jam sekali jalan karena kantor jauh. Pertanyaan saya adalah sakit apakah belakang tubuh bagian belakang ini. Terima kasih

- Rasiman -

Jawaban :

Pak Rasiman yang budiman, Nyeri pada punggung bisa disebabkan oleh 3 hal, yaitu: otot, tulang atau syaraf.
Kemungkinan besar pada pak rasiman adalah karena otot yg kelelahan. Dari cerita pak Rasiman yang biasanya tidur di lantai tanpa alas kasur dan mengendarai motor minimal 2 jam sehari. Menurut saya itu yang menyebabkan nyeri pada punggung bapak. Hal ini bisa bapak periksakan ke dokter untuk mendapatkan obat penghilang nyeri serta vitamin untuk menunjang aktivitas bapak & mengurangi kerja otot yang berlebihan. Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat bagi bapak.

Terima Kasih

- Dr. Niken Sasanty Ardi -

No comments: