Pages

Monday, June 28, 2010

Sakit pada sendi

Ass.wr.wb

Saya berusia 22 th brt badan 35 tinggi 159, sudah hampir 1,5 th saya merasakan sakit pada persendian dan ada bengkak kecil pada leher dan bagian persendian sebelah kanan dan sering merasakan kesemutan. Rasa sakitnya pada persendian kadang2 menjalar ke tangan,ke kepala bagian belakang sblh kanan,
kepinggang, kepayudara sblh kanan. Yang mau saya tanyakan :

1.Bagaimana cara Mengatasi rasa sakit nya?
2.Apakah penyakit itu berbahaya?
3.Apakah bengkak2 itu di sebabkan oleh tersumbatnya pembuluh darah?
3.Sebenar nya apa yang terjadi pada diri saya?

Mohon jawabanya

- Mawar - Â

Jawaban :

Wah sayang anda tidak menyebutkan persendian yang mana? bahukah? sikukah? semua sendi yang adakah?
Bengkak kecil di leher apakah nyeri? nyeri kalau ditekan?
Tetapi melihat keluhannya saya bisa menduga bahwa ada suatu proses terhimpitnya jalur syaraf yang menuju ke area kepala belakang kanan, tangan kanan dan badan kanan. Penyebabnya kemungkinan besar benjolan dileher tersebut. Efek dari terhimpitnya syaraf ini menimbulkan rasa kesemutan.

1. Obat untuk meredakannya adalah golongan analgesik (misalnya Antalgin), anti inflamasi (misalnya piroxicam atau dexametason) dan Vitamin B kompleks dosis tinggi untuk nutrisi jaringan syaraf yang terganggu.

2. Berbahaya atau tidaknya harus diperiksa lebih lanjut penyebab kesemutan; bisa karena himpitan tumor (jinak/ ganas), riwayat trauma atau infeksi (herpes Zooster, abses/ kumpulan nanah).

3. Saya belum bisa memastikan bengkaknya tersebut.

4. Penjelasan di atas sepertinya sudah cukup jelas.

Terima Kasih

dr. Naf'an AkhunÂ

3 comments:

Anonymous said...

Dok, tulang sendi saya sakit yaitu di bagian sikut sebelah kanan tangan saya, stiap kali dibuat gerak rasanya nyeri banget, halini saya rasakan sudah berminggu"..
Kira" apa y penyebabnya dan apa yg harus dilakukan....
Nama : Juahairiyah
umur : 45 thn
Mohon dijawab di email anak saya fabi_nurcahyo@yahoo.com

Unknown said...

Ass.wr.wb

saya sri umur 21th BB.45kg TB.156
sejak umur 5th saya sering merasakan sakit pada persendian,hampir di semua sendi di kedua tangan & kaki saya,di bahu,siku,pergelangan tangan,pangkal paha,pergelangan lutut & pergelangan kaki. ketika saya kecil saya sering menangis karena merasakan sakit,sampai sekarang pun saya masih merasakannya.
Yang mau saya tanyakan :
1. Penyakit apakah yang saya derita?
2. Bagaimana cara mengobatinya?

Mohon jawabannya

ari said...

Ass.wr.wb
Dok mau tanya.

Saya ari. umur 26 bb 60 tg. 168
sudah 2 minggu ini saya sering alami nyeri sendi di bagian lutut & siku tangan, kadang waktu terasa nyeri di kaki, kalau buat jalan serasa gak kuat dok & lemes bangat.

sanya mau tnya.
1. saya sakit apa ya Dok.
2. kira kira penyebabnya apa..?
3. apa obatnya dok & cara mencegahnya dok.

Terima Kaisih.

was.wr.wb