Pages

Monday, June 28, 2010

Telapak tangak dan kaki sering kesemutan

Assalamualaikum wr wb.

Saya mau menanyakan bahwa akhir akhir ini telapak kaki dan telapak tangan dengan jari-jari sering kesemutan kurang lebih dlm 3-4 hari ini. Kadang kalau malam saya sulit tidur. Dan bila mencium bau parfum atau asap rokok dada ini rasanya sesak sekali. Mohon petunjuknya apakah hal ini berbahaya atau cuma hal biasa? Apakah ini indikasi ke suatu penyakit? untuk Informasi BB 50 Kg TB 158 usia 27 tahun. Terima kasih atas jawabannya

- Siti Wahyuni-

Wassalamu'alaikum wr. wb

Jawaban :

Wa'alaikum salam wr wbÂ

Gejala kesemutan terutama pada orang muda biasanya terjadi karena kurang lancarnya pasokan oksigen ke jaringan perifer (tangan dan kaki). Bisa diakibatkan karena kurangnya istirahat, kurang teratur makan, minum kopi berlebihan, tidak berolah raga.

Bisa juga karena penyakit diabetes apabila disertai dengan sering sekali minum,kencing terus, lapar terus dan sering sekali makan tetapi berat badan cenderung turun.

Cobalah anda beristirahat yang cukup, makan teratur, kurangi minum kopi, berolah ragalah secara teratur, minum multivitamin yang mengandung vit b complex (misalnya berocca, CDR dan multivitamin yang lain). Apabila keluhan tidak berkurang saya sarankan periksa ke dokter spesialis saraf untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Demikian jawaban ini saya berikan.Semoga bermanfaat bagi ibu.Â

WassalamÂ

-Dr. Fatimah Pitaloka-

No comments: