Pages

Tuesday, November 2, 2010

Stroke

Dok,

saya seorang karyawan swasta berumur 26 tahun. Saya mau tanya tentang penyakit stroke. Kalo dokter menvonis
seseorang kena stroke ringan, itu penyebabnya apa, dan penyembuhannya bagaimana ?

Terima kasih banyak atas penjelasannya
-Myusuf-

Jawaban:

Assalamu'aialkum warrahmatullahi wabarakatuh Sdr.M.Yusuf,
Semoga selalu dilimpahkan nikmat sehat oleh ALLAH SWT, amiiinn....

Penyakit stroke adalah penyakit yang disebabkan oleh kurangnya aliran darah (yang membawa Oksigen & makanan) ke sel otak. Penyebabnya dapat disebabkan oleh sumbatan pada pembuluh darah otak atau pembuluh darah tersebut robek/pecah sehingga darah tidak dapat sampai ke sel otak.

Stroke ringan adalah stroke yang hanya mengenai sebagian kecil otak (pembuluh darah yang tersumbat adalah pembuluh darah yang hanya dapat bertugas memberi Oksigen dan makanan kepada sedikit otak).
Apabila sel otak tidak mendapat Oksigen dan makanan, dia akan melemah, lalu mati suri kemudian mati permanen. Hal ini tergantung berapa lama sel otak tersebut tidak mendapatkan suplai Oksigen dan makanan.

Sel otak yang sudah mati permanen tidak bisa regenarasi atau sembuh. Sementara, sel otak yang mati suri masih bisa disembuhkan apabila segera diberi suplai oksigen dan makanan, namun tidak bisa sembuh total. Butuh fisio therapi untuk mengembalikan otak itu ke fungsi sebelumnya.

Orang-orang yang berusia diatas 40 tahun serta orang-orang yang memiliki penyakit obesitas, hipertensi, sakit jantung, Diabetes Militus (kencing manis), kelainan darah, memiliki prilaku suka merokok, jarang olahraga dan kerja terlalu berat/stress, maka kemungkinan terkena penyakit stroke sangat besar.

Untuk mengobati stroke terbagi 2 (dua) tahap. Pertama, penanganan secepatnya dengan menggunakan oksigen dan obat-obatan saraf. Kedua adalah mengobati penyebab dari strokenya. Misalnya, bila ternyata penyebabnya adalah hipertensi, maka tensinya harus diturunkan perlahan untuk mencegah stroke yang berulang .

Beruntunglah saudara masih muda (26 tahun) belum terlambat untuk melakukan pencegahan stroke ini. Seperti olahraga teratur, makan yang seimbang, istrilahat yang cukup, hindari merokok dan yang paling penting memohon kepada ALLAH SWT agar kita selalu diberi nikmat sehat.

Demikianlah, semoga bermanfaat dan terima kasih atas pertanyaannya.
Wassalam

(dr.Lian Marliana)

1 comment:

Unknown said...

dok
aku sudah mengeluarkan sperma dan aku masih memakai pakaian lengkap dengan celana jean
dan pacar aku memakai celana olahraga dan mengeluarkan lendir
aku dan pacarku saling memeluk dan melakukan petting tapi masih dengan pakaian lengkap
Pertanyaan :
1. Apa sperma aku bisa masuk kedalam vagina ?
2. Apakah bisa menyebabkan kehamilan ?
.
TOLONG DIJAWAB DOK