Pages

Saturday, February 5, 2011

Gigi anak 5 tahun hitam dan tinggal akarnya

Pertanyaan :

Begini Dok, Sepupu saya yang masih anak-anak (sekitar umur 4-5 tahun) giginya terlihat hitam semuanya dan hanya tinggal akar saja tapi dia tidak merasakan sakit apa-apa.bagaimana bisa begitu ya dok?kira-kira apa penyebabnya? lalu terdapat bengkak pada gusinya Terima kasih.

- Hendro -

Jawaban :

Ketika masih kanak-kanak saat belum ada gigi-nya, anak-anak hanya mengkonsumsi makanan cair tetapi hal ini menjadi kebiasaan ketika gigi mulai tumbuh. Anak-anak tidak mau melepaskan kebiasaannya minum susu dari botolnya, dan ketika tidur tidak bisa tidak harus minum susu. Akhirnya susu tersebut bercampur dengan air liurnya ketika tidur. BUKAN susunya yang menyebabkan gigi rusak tetapi GULA yang ada dalam susu tersebut yang menyebabkan gigi rusak karna bercampur dengn air lliurnya. Ketika hendak tidur sebaiknya anak-anak mengosok gigi terlebih dahulu dan setelah itu tidak boleh lagi minum susu kecuali air putih. Jika malam-malam terbangun dan minta minum susu, orang tua harus tegas tidak boleh memberi susu lagi. Jika hal ini dilanggar dan tidak adanya kebiasaan membersihkan gigi sebelum tidur maka menyebabkan gigi si anak karies alias bolong-bolong. Salah satu tanda gigi karies adalah berwarna hitam, jika hal ini masih dibiarkan tidak dilakukan perawatan segera maka gigi tersebut menjadi "grepes" alias rapuh dan kemudian hanya tinggal akar gigi-nya saja. Jika ada bengkak pada gusinya maka ini berarti sudah terjadi infeksi pada gigi tersebut. Mungkin selama ini sepupu anda kondisi fisiknya sedang baik, gizinya cukup sehingga dia tidak terlalu merasakan sakit tetapi jika sewaktu-waktu kondisinya menurun maka dia bisa merasakan sakit gigi. Sebaiknya segera-lah konsultasikan kondisi gigi sepupu anda ke dokter gigi terdekat supaya mendapatkan hasil yang baik. Demikian penjelasan dari saya, semoga bermanfaat bagi andan dan sepupu anda.

Terima Kasih

- Drg. Elisabeth L. Sarri -

4 comments:

ridho said...

Maaf dokter saya mau tanya, anak saya berusia 2,5 thn sekitar seminggu yang lalu anak saya jatuh dan alhasil gigi depannya patah, sekarang setiap bangun tidur sering keluar darah dari bekas giginya yang patah. Dan menurut dokter tips apa yang harus saya lakukan terhadap anak saya? Trims.

Ridho

Unknown said...

Saya mo tanya gigi geraham bawah dan atas anak sy 9 th sudah goyah bgmn tindakan saya di cabut di dokter ato sy cabut sendiri,mslahnya klo ke dokter dia sudah takut apa sebaiknya tindakan .tks atas jawabannya

Unknown said...

Siang dokter, anak sya perempuan umur 2 tahun 3 bulan .yg ingin sya tanyakan menggapa gigi depan atas anak sya belum tumbuh padahal gigi yang di sekitarnya sudah tumbuh, hingga sampai saat ini belm ada tanda-tanda akan tumbuh pada gigi depan atasnya .mohon bantuannya.

Unknown said...

sore dokter: Dok anaknya umur 4thn 4bln, 2 bln yg lalu giginya mulai bolong dan anak saya mengeluh sakit, naah ketika saya bawa dokter gigi sama dokternya di tambal tp hasilnya nihil dok, sampe skrg gigi yg bekas di tambal itu sering sakit, gak bisa divpake ngunyah makanan,susah di bersihin karna ketika kena sikat anak saya lgsg kerasa sakit, solusinya gmn dok apa yg harus saya lakukan supaya gigi anak saya tdk sakit lg..makasih