Pages

Tuesday, March 1, 2011

Sakit Kepala dan Gangguan Keseimbangan

assalamualaikum..
1. sejak 10 tahunan yg lalu saya terkadang mengalami pusing2 di kepala
bag belakang, sehingga kepala terasa berat. akan reda jika saya terus tidur.
2. belakangan (6 bln lalu) saya beberapa kali mengalami gangguan keseimbangan, namun tidak sering.
3. sama (6 bln-an lalu) di kepala ini seperti terasa berdenyut, sebagaimana kalau kita ada kelenjar yg membengkak.
4. seminggu terakhir, mata sebelah kanan seperti bergerak2 sendiri dan kurang keseimbangan masih terjadi, serta mual2 yg kadang terjadi.

pertanyaan :

1. saya membaca di internet bhw bbrp yg saya alami sama dg gejala tumor
otak. saya sangat khawatir ttg itu. sebaiknya saya konsultasi ke dokter
apa dan apa yg harus saya keluhkan (biasanya dokter akan menganggap
ringan gejala ini dan menyuruh saya kembali pulang..:()
2. bbrp minggu lagi saya akan berangkat haji.
terus-terang, saya merasa berat meninggalkan anak dan agak kaget krn mendapat
kloter awal, apakah ini membuat saya stress dan menyebabkan hal2 di atas
terjadi pada saya ?
3. sebaiknya apa yg saya lakukan utk mengurangi gejala2 di atas dan apa
yg perlu saya bawa utk berangkat haji ?

wassalam, terima kasih..

-totok-


Jawaban:

Waalaikum salam Saudara Totok,

Secara klinis sakit kepala/pusing dibagi menjadi dua, yaitu sakit kepala primer, bila tidak ditemukan adanya kelainan organik atau struktural yang mendasari timbulnya sakit kepala. Sedangkan sakit kepala sekunder mengindikasikan adanya penyakit yang dapat menyebbkan kelainan organis/struktural. Penyakit yang dapat menyebabkan sakit kepala sekunder ini antara lain tumor otak, iritasi kronik pada selaput otak, pasca trauma, hipertensi intra kranial, dan lain-lain.

Sebagian besar sakit kepala memang termasuk sakit kepala primer dan dapat sembuh sendiri setelah istirahat, tidur misalnya, maka tidak heran bila banyak dokter menganggap sakit kepala ini merupakan sakit kepala ringan. Anggapan dokter akan berbeda bila Saudara mengatakan bahwa sakit kepala Saudara makin lama makin sering dan makin sakit, dengan diikuti keluhan lain. Dokter akan menganggap sakit kepala tersebut merupakan sakit kepala sekunder, sampai dibuktikan lain.

Gejala sakit kepala akibat tumor otak biasanya ditandai dengan sakit kepala yang makin lama makin hebat, disertai muntah tanpa didahului rasa mual, gangguan keseimbangan, dan pandangan kabur. Sakit kepala ini mula-mula hilang timbul, dan sering timbul di saat tidur sehingga penderita terbangun, lama kelamaan sakit kepala akan terjadi terus menerus. Sakit kepala ini akan makin parah bila penderita beraktivitas, batuk atau bersin.

Untuk memastikan penyakit ini perlu pemeriksaan penunjang seperti EEG dan MRI.

Berkaitan dengan masalah yang Saudara hadapi, saya menganjurkan Saudara untuk datang ke dokter neurologi/penyakit saraf. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan untuk menyingkirkan adanya penyakit yang mendasari sakit kepala Saudara.
Saudara juga perlu berkonslutasi dengan dokter spesialis THT bila tidak ditemukan adanya penyakit syaraf yang mendasari sakit kepala saudara. Perlu saudara ketahui gangguan keseimbangan dan sakit kepala dapat pula terjadi pada kelainan telinga bagian dalam.

Stress memang dapat merupakan pencetus timbulnya sakit kepala primer. Maka bisa saja stress yang Saudara hadapi menjelang keberangkatan haji menimbulkan gejala yang Saudara hadapi.
Faktor lain yang dapat pula mencetuskan sakit kepala ini antara makanan seperti coklat, keju, micin, dan alkohol sebaiknya dihindari. Selain itu sebaiknya saudara membawa obat untuk mengatasi bila sakit kepala timbul. Mengenai obat yang tepat saudara dapat mendiskusikan dengan dokter penyakit syaraf saudara.
Demikian jawaban saya semoga dapat menjawab permasalahan saudara.

Wassalamualaikum wr.wb.



(dr. Edi Patmini SS)

13 comments:

My Biodata said...

Pagi dok,,,

nama saya elita
umur masih 22 tahun dan saya seorang wanita,,
gini dok dah beberapa hari ne kpla saya terasa skit bgt d bagian belakang seperti mau pecah rasanya terkadang rasa skit tu bisa hlang dan terkadang muncul lagi,kalau skit kpla saya sudah kumat psti bwaannya lemas dan pengen mual sampai bdan juga ikut terasa skit n leher juga skit,,,aq sering bca dari internet soal ne sampai aq lhatnya klu tu gejala tumor otak aq merasa kaget aj klu sudah baca tu aq takut klu tu benar2 trjadi pada driku,,,

tapi aq pngen nanya langsung sama dokter apa benar tu gejala tumor otak,,tolong d jawab yang jjur y dok slnya aq pngen tau dari dok

please bantu aku..

salam

elita

jablay said...

Assalamualaikum,

Istri saya mengalamai gegar otak sekitar 30 tahun yg lalu ketika masih di SMA,riwayat pengobatannya saya tidak tahu persis, tapi sudah banyak tindakan medis, termasuk CT SCAN. Sejak menikah dengan saya, masih sering mengalami sakit kepala yg hebat, sering muntah. Beberapa bulan ini frequencynya tambah sering, hampir tiap hari,lebih banyak malam hari selepas maghrib (waktu istirahat) bahkan sewaktu tidur. Gejala yang baru ialah kehilangan jati diri, mendengar dan melihat sesuatu yg tidak nyata, namun saya masih yakin pengaruh dari pasca gegar otak. Saya lumayan bingung kemana seharusnya berobat? Inisiatif, saya membawa istri saya juga berobat ke RSJ untuk mendapatkan pengobatan secara psikis untuk mengatasi halusinasi atau depresi yang mungkin bisa timbul pasca gegar otak, hasilnya memang lumayan berkurang, tapi jenis obat2 anti depresi dsn halusianasi sama sekali tidak menyembuhkan sakit kepala yang hebat dan lama ketika kambuh. Di media internet ini saya juga membaca bahwa obat untuk mengatasi sakit kepala tersebut harus bersifat achetaminophen, tidak dianjurkan semacam aspirin yg menghambat peredaran darah ke otak. Oleh karena itu sekarang rutin minum obat sakit kepala berparacetamol yakni "sumagesic' 650 mg. Tolong dokter, untuk mengatasi sakit kapala tersebut obat apa yg lebih tepat? mengingat untuk berobat total secara medis sangat mahal! Kemudian saya banyak membaca pendapat bahwa pengobatan pasca gegar otak yang terbaik adalah banyak istirhat, apa betul dok ???

terima kasih.

Unknown said...

Assalamualaikum,

Saya ayu berumur 27 tahun, dulu saya pada waktu umur 22 tahun pernah jatuh dan kepala belakang terbentur sampai benjol dan muntah saat itu saya tidak memeriksakan ke dkter, dan tahun lalu tepatnya pada bulan desember dua minggu setelah melahirkan saya juga pernah terpeleset dan kepala belakang saya terbentur kembali...akhir2 ini saya sering sekali merasakan sakit kepala belakang yang tidak kunjung reda walaupun sudah diminumin obat pereda sakit kepala...yang saya ingin tanyakan mengapa saya sering sakit kepala seperti itu, apakah efek dari waktu dulu pernah jatuh dan terbentur, mohon info nya dokter apakah yang harus saya lakukan selanjutnya. Terima kasih banyak sebelumnya untuk penjelesannya

Rgrds,
Ayu Aulia Utami

DDeyanx said...

Asallmkm Dokter, saya perempuan usia 32 thn, Dari Kecil saya sering sakit kepala , waktu Kecil sekedar saya oleskan balsem gosok di kedua kening atau saya minum sjnis obt sakit kepala, smpai USIA sekarang ini sakit kepala iTu masih saya derita bahkan jika saya terlambat minum obat sakit kepala Maka sakitnya semakin hebat bahkan bisa sampai muntah-muntah satu bulan bisa sampai 4 atau Lima Kali sakit ,sebenarnya penyakit apa yang saya derita dokter , kenapa juga warna kuku tangan dan kaki saya tidak bisa cerah seperti warna kuku orang laen kusam agak khitaman bahkan belakangan ini muncul garis hitam didalam kuku brbentuk tegak mngikuti arah kuku keatas muncul pada kuku jari tengah serta jempol muncul juga dikuku kaki saya.smoga ALLOH swt sllu mnyertai ksuksesan Anda trimakasih bngt atas jawabanya dokter, Wassllmkm.

Irza Utami said...

selamat malam dok, saya irza umur 17 tahun. sejak kelas 2 smp sy sering sakit kepala. namun saya menganggapnya biasa saja. dan sekarang saya sudah kelas 3 sma. sakit kepala ini terasa sangat mengganggu kadang trasa sakit di bagian belakang atau tengah kepala. paling sering sakit kepala sebelah. jika saya lama berbaring kemudian bangun atau dri duduk berdiri, berdiri duduk kepala saya serasa berputar. dan sakit kepala sebelah ini juga berefek pada sebelah mata yang ikut terasi nyeri. jika melihat sesuatu yang terang seperti infokus saat belajar. terutama yang layar nya goyang itu sangat membuat kepala saya sakit serta sebelah mata. pengobatan yang saya lakukan sejauh ini di pijet atau jika sudah tak tertahan saya minum obat, tapi saya juga takut ketergantungan dok. mohon bantuan dan sarannya dok, terima kasih :) .

irza utami

Anonymous said...

Ada tiga gerakan yang dikendalikan dalam pemeliharaan keseimbangan tubuh. Yakni gerakan volunter dan reflektoris dari kepala, leher, badan, dan anggota gerak; gerakan volunter dan reflektoris dari bola mata; gerakan involunter dari organ tubuh bagian dalam. Dengan mengetahui ketiga gerakan itu, maka kita tahu mengapa gangguan keseimbangan –yang terjadi hanya pada orang dewasa ini—menyebabkan rasa sempoyongan. Arahnya ke sisi yang terganggu, diikuti gangguan pandangan mata yang seolah-olah gelap, serta gangguan organ dalam yang menyebabkan mual atau muntah.
Ada dua macam vertigo, ringan dan berat. Pada kasus ringan yang diderita sebagian besar pasien, tampak tidak ada kerusakan pada organ tubuh. Kebanyakan pemicunya stress atau depresi. Tidak sulit menghilangkan gejalanya, asal penderita mau mengatasi masalah yang dihadapi, plus minum obat dari dokter.
Vertigo yang muncul ketika berganti posisi atau bangun tidur, bisa diatasi dengan menghindari posisi penyebab munculnya. Lalu, sewaktu bangun, jangan langsung berdiri. Bangun perlahan-lahan, duduk dulu sebentar, baru berdiri. Kalau penyebabnya diduga karena gangguan telinga atau mata, harus diperiksakan ke ahlinya.
Pada kasus vertigo berat tentu lebih rumit penanganannya, karena menyangkut gangguan organ tubuh lain, seperti gejala stroke atau tumor otak.
Vertigo juga bisa muncul karena terlalu banyak atau sedikit aliran darah ke otak. Atau akibat perubahan tekanan cairan pada telinga bagian dalam, atau tumbuhnya tumor di telinga. Sensasi sempoyongan juga dapat dialami orang yang berdiri di ketinggian, atau bingung berada di tempat asing atau sangat ramai.
Ada pula yang mengeluh sempoyongan atau pusing sehabis menyantap makanan enak, khususnya yang menggunakan terlalu banyak MSG (bumbu masak), arak masak, terlalu berlemak atau pedas, dll. Hal itu, bisa diatasi dengan menjauhi makanan yang menyebabkan pusing tadi setelah mengetahui jenis makanannya.

Unknown said...

selamat malam dok. nama saya melia dan saya ingin bertanya kepada dokter. kepala saya sering dipukul oleh ayah tiri saya dgn benda" yg keras dan itu udh dilakukanny sjk saya msh SMP sampe sekarang. udh brjln 8 thn. sjk dipukul kepala saya jd sering pusing, keseimbangan saya terganggu, pandangan sering berkabut, terus kepala jd sensitif trhdp suara & cahaya. saya harus bgmn dokter? apa yg hrs saya lakukan? apakah ada pengobatan yang bisa dilakukan selain CT Scan? Saya sangat mengharapkan jawaban dari dokter. terima kasih dok. slmt mlm

Unknown said...

Assalamualaikum Dok. Nama saya Erfin, saya perempuan berusia 24 tahun. Saya ingin bertanya dok, bulan februari lalu saya mengalami sakit kepala yg teramat sangat yg blm pernah saya alami seumur hidup saya, rasanya seperti tegang sekali, kejadian ini berlangsung bahkan sampai 16 hari, dlm 1 hari bisa 6-12 jam sakitnya. Saya sudah periksa ke dokter penyakit dalam tetapi bilang tidak ada apa2. 3 bulan berlalu, dan sekarang sakitnya kambuh lagi, susah 6 hari belum kunjung sembuh padahal sudah periksa ke dokter THT dan dinyatakan bersih. Lalu sakit kepala apa yg saya alami ini Dok? Terimakasih Dokter

Unknown said...

Selamat siang dok?
Dok saya mengalami sakit kepala dan sakit leher, serta mulut terasa pahit. Dan saya mau tanya apa obatnya yang akan saya belik di apotik?


Dari inong,surabaya

Unknown said...

Selamat siang dok?
Dok saya mengalami sakit kepala dan sakit leher, serta mulut terasa pahit. Dan saya mau tanya apa obatnya yang akan saya belik di apotik?


Dari inong,surabaya

Unknown said...

Assalamualaikum Wr. Wb
Selamat malam dok,
saya pria umur 39 tahun, mengalami beberapa keluhan sebagai berikut
1. kurang lebih dua minggu ini saya sering mengalami sakit kepala yang sangat berat jika saya dalam posisi berdiri atau duduk. namunketika dalam posisi tiduran saya tidak mengalami sakit kepala. saya sudah pernah dua kali konsultasi ke dokter umum dan saya mendapatkan hasil diagnosa yang berbeda-beda yaknidokter pertama bilang saya mengalami keseleo kepala bagian belakang, dan dokter yang kedua didiagnosa dalah urat.

saya mohon agar sekiranya dokterbisa memberikan masukan dan saran sebenarnya kelainan atau penyakit apa yang saya sedang derita ini.
terima kasih dok atas bantuannya
selamat malam


Andi, 39 Th Demak

Unknown said...

Malam dokter.
Saya remaja berumur 19 thn.
+2 lalu saya ditabrak motor dari belakang,kemudian kepala belakang saya terasa sakit.lalu saya dibawa pijat karna tidak parah,kemudian saya disarankan menaruh air panas dlm botol kemudian taruh pada kepala saya yg sakit dan bengkak,agar darahnya tdk menggumpal.setelah sakit dan bengkak nya hilang saya menghentikannya.namum akhir2 ini kepala belakang saya terasa tegang dan sakit,apalagi ketika saya sedang belajar dan memikirkan hal yg sedikit sulit kepala saya bertambah sakit dan bkn hanya pada kepala bagian belkang saja,kepala bagian lain nya jg.saya jd kuatir akan keadaan saya.

Tolong saya dokter knp itu terjadi? Dan penyakit apa itu??
Tolong beri saya saran dokter apa yg harus saya lakukan.saya takut ada penyakit aneh dok.tolong dibalas ya dokter
Trimakasih dokter
Selamat dokter

Unknown said...

Assalamu alaikum dokter ..
Saya ingin mengeluhkan tntang bbrapa hari ini, mnkin 2 atau 3 hari .. Saya mngalami nyeri hmpir semua bdan sya dan jg sya mngeluhkn sakit berfariasi pda bdan sya, pertama setiap malam demam sya naik tpi pda siang hri tdak trlalu tinggi , dan 2 atau 3 hri ini kpala sya skit tpi kdang tdak skit kadang jga skit lgi .. Dan jg pda 2 atau 3 hri ini ada sya jga mrsa skit pda bbrpa bgian bdan sya tpi skitnya bergntian, yaitu kmarin betis sya mngalami ksakitan dn stlah d urut skitnya mlai hlang, tpi stlah itu prut sya yng mngalami skit sperti perut sya d tusuk2 dn scara brsamaan blkng sya jga skit pas d blakang prut. .
Nah itu pnybabnya apa dok dn solusi apa??

Tolong d jawab dok ..

Makasih ..