Pages

Tuesday, April 22, 2008

Gigi berwarna kusam kekuningan

Gigi saya berwarna kusam kekuningan. Meski serajin apapun saya bersikat gigi, namun tak pernah bisa putih bersih. Dokter bilang ini akibat waktu kecil saya banyak mengkonsumsi obat, dan bagaimanapun caranya gigi saya tidak akan pernah bisa putih bersih. Setiap dokter gigi yang saya kunjungi berkata demikian Yang menjadi pertanyaan saya adalah :

1. Apakah berarti gigi saya tak sehat?
2. Apa ada kemungkinan timbul masalah gigi ketika menjelang manula?
3. Apakah hal ini bakal menurun bila saya punya anak nanti?

Jawaban drg. Lika :

1. Apakah berarti gigi saya tak sehat?
Jwb.: tidak benar, giginya tetap sehat, tapi ada pewarnaan saja yg menyebabkan warna jadi kusam
Penyebabnya karena saat masih kecil, dimana sedang terjadi proses pertumbuhan gigi, anda mengkonsumsi obat yang dapat mengganggu proses pertumbuhan gigi tersebut, sehingga warna dari gigi tidak bisa putih bersih, sebagaimana gigi normal, tapi ada deposit zat-2 dari obat yang menyebabkan warna jadi kusam, kekuningan
Ada 2 jenis pewarnaan gigi, dan ini termasuk jenis pewarnaan internal, yang tidak dapat dihilangkan dengan menggosok gigi. Apa yang dikatakan dokter gigi tersebut benar, tapi masih ada jalan lain, yaitu dengan memberi selubung (jacket crown) pada gigi-2 yg mengealami kusam. Coba deh konsultasikan dengan dokter gigi anda dengan menanyakan mengenai
alternatif pemakaian jacket crown ini.

2. Apa ada kemungkinan timbul masalah gigi ketika menjelang manula?
Jwb : Biasanya semakin tua tahanan jaringan agak sedikit menurun. Jadi agar tidak menimbulkan masalah, rajin-2 menjaga kebersihan, membersihkan karang gigi, dan juga cek up gigi setiap 6 bulan sekali untuk sedini mungkin mencegah penyakit gigi.


3. Apakah hal ini bakal menurun bila saya punya anak nanti?
Jwb.: Tidak, jangan khawatir. Selama pada masa pertumbuhan anak anda tidak terganggu oleh obat-2an, tidak akan terjadi gigi kusam seperti ini.

No comments: