Pages

Tuesday, April 22, 2008

Gigi graham bawah sebelah kanan pernah ditambal

Dok, dulu gigi graham bawah sebelah kanan saya pernah ditambal pakai komposit beberapa bulan kemudian apabila saya minum es atau makanan yg keras / makanan yg terlalu manis maka gigi saya tersebut terasa linu
Namun setelah dicek bekas tambalan yg terdahulu masih dalam kondidi baik. Apa penyebab rasa linu tersebut, bagaimana solusi untuk menghilangkan rasa linu tsb shg saya tetap bisa mengkonsumsi es dan makanan yg keras(spt kacang-kacangan) tanpa terasa linu ? Terima kasih sebelumnya

Jawaban drg. Lika :

Tambalan komposit terkadang dapat menimbulkan rasa ngilu pasca penambalan, karena bahan ini bersifat iritatif bila pemakaiannya kurang baik, maksudnya bila menambal komposit sebaiknya sebelum ditambal diberi pelindung semen dulu pada giginya. Mungkin ada iritasi dari komposit pada gigi Anda. Sebaiknya di cek kembali apakah benar tambalannya belum bocor, karena tambalan yang sudah bocor menyebabkan gigi ngilu. Atau mungkin gigi-2 sebelahnya yang bermasalah, sehingga terasa ke gigi tersebut. Bila pasti hanya gigi tersebut yang ada masalah, saya anjurkan tambalannya di bongkar aja,
diganti dengan tambalan baru.

No comments: