Pages

Tuesday, April 22, 2008

Menderita mulut berbau

Saya seorang pemuda (30 tahun) menderita mulut berbau, dulu saat berumur belasan tahun saya selalu menderita sakit gigi sehingga gusi saya sering mengalami pembengkakan (berlangsung lama), kemudian karena saya tidak tahan akan baunya maka sisa-sisa gigi busuk yang masih tertinggal dicabut dan ternyata masih tetap berbau.
Saya sudah periksa ke dokter di beberapa rumah sakit di Medan kemudian disuruh periksa ke bagian THT, kemudian ke bagian pencernaan tetapi hasilnya masih nihil. Kemudian saya berobat ke Shinshe, dan Shinshe tersebut menganjurkan saya agar mengurangi konsumsi ikan, dan memperbanyak untuk mengkomsumsi buah-buahan. tetapi belum berhasil juga.
Kemudian atas saran di buku- buku yang saya baca, saya dianjurkan untuk meminum air sebanyak-banyaknya, makan sirih, memakai obat kumur, memakan obat pencuci perut dsb.
Tolonglah saya Dok, apa yang akan saya lakukan? saya tidak tahan lagi, aku sudah terlalu bosan untuk selalu menjaga jarak jika mau berbicara, jangankan punya pacar, kepada seorang sahabatpun aku selalu menghindar.
Kemanakah aku akan berobat? dan siapa yang aku akan temui?
Perlu dokter ketahui, bahwa saat sekolah SD dan SMP, saya menyukai cabe dan bawang merah, apakah ada hubungannya dengan jenis penyakit ini? Kemudian saat SMA, saya sering mengalami batuk-batuk berdahak dan filek saat pergantian musim. Jadi apa yang menyebakan mulut berbau ini? Apakah cuma aku satu-satunya yang mengalami ini.
Tetapi aku pernah merasa aneh, beberapa waktu yang lalu, gusiku pernah bengkak, kemudian pecah mengeluarkan sejenis cairan, pada saat itu mulut saya tak berbau, cuma sementara.
Aku jadi bingung, penyebabnya mulutku yang berbau ini apa? Kemana aku harus berobat?

Jawaban drg. Lika :

Setelah saya membaca email anda, saya mau meyakinkan dulu, apakah benar anda memiliki bau mulut atau hanya perasaan saja, untuk itu coba tanya ke seseorang yang dekat dengan anda, misalnya kepada Ibu atau kakak/adik yang anda percaya jawabannya tidak akan bohong.
Nah bila benar ada masalah mulut berbau, saya rasa masalah datang dari keadaan gusi yang sering bengkak, bahkan pernah mengeluarkan cairan tersebut. Bengkak itu karena ada peradangan, dan hal ini menyebabkan bau mulut. Selain itu penyebab bau mulut juga karena adanya karang gigi. Saya anjurkan anda memeriksakan ke dokter gigi untuk mengobati gusinya
tersebut dan membersihkan karang gigi.
Bila belum berhasil juga, coba datang ke dokter spesialis penyakit dalam, ceritakan masalahnya. Sebab beberapa penyakit juga dapat menyebabkan bau mulut, contohnya infeksi saluran nafas, diabetes (kencing manis)., sakit paru-paru, dll.
Memang ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan bau mulut, bila dimakan terlalu banyak, misalnya bawang putih, alkohol, pete. Sehingga ada baiknya minum air putih yang banyak untuk menghindari timbulnya bau mulut.

No comments: