Pages

Tuesday, April 22, 2008

KIKISAN

Saya memiliki kebiasan tidur yang dapat merusak gigi dalam istilahnya KIKISAN.Saya pengen menghentikannya tapi saya kalo tidur tentu saja tidak sadar. Bagaimana cara saya untuk mengatasi kebiasan ini? trus bagaimana bentuk perawatannya?

Jawaban drg. Lika :

Timbulnya kebiasaan 'kikisan' itu atau dalam istilah kedokteran gigi nya 'bruxism' penyebabnya macam-2, ada karena stress (jadi bruxism hanya timbul saat stress/tegang) kemudian karena susunan gigi yang tidak baik, dll. Sebaiknya anda mencari penyebabnya dulu ke dokter gigi anda. Nah, cara mengatasinya agar tidak merusak gigi, harus dihilangkan penyebabnya, salah satunya hindari stress..!
Kemudian ada alat pelindung gigi agar gigi tidak rusak akibat 'kikisan' tersebut, yaitu dengan menggunakan Night Guard Appliance (nama ini bisa berbeda-2 sebutannya), ini dipakai selama anda tidur, alat ini menutupi gigi anda, sehingga gigi-2 atas dan bawah tidak berbenturan saat 'kikisan berlangsung'.
Saran saya sebaiknya anda segera menghubungi dokter gigi anda, cari tau penyebabnya dan dapat mencoba memakai alat yang saya jelaskan diatas.

No comments: