Pages

Tuesday, April 22, 2008

Gigi pernah patah

Dok, gigi saya pernah patah dan sampai sekarang hanya tinggal setengah, tiap 1 bulan sekali gigi saya terasa sakit, tepisekarang sudah jarang. Apakah gigi saya ini dapat di obati dan apakah gigi saya yang setengah dapat di perbaiki ?

Jawaban drg. Lika :

Gigi yang sudah patah setengah bisa ada dua kemungkinan, yaitu bila patahnya gigi cukup besar sehingga merusak ruangan saraf gigi bisa menyebabkan saraf gigi tersebut mati, atau bila saraf gigi masih terjaga, mungkin gigi masih vital (hidup).
Nah, adanya perasaan sakit yang datang hilang timbul dan akhirnya tidak terasa sakit lagi, saya khawatir gigi tersebut sudah mati. Jadi sebaiknya segera dirawat saja, perawatannya macam-2... saya tidak dapat memastikan apa, karena saya belum melihat secara langsung keadaan giginya. Namun ada beberapa alternatif, bisa dirawat ditambal bila masih memungkinkan, bila sudah tidak dapat ditambal bisa dibuatkan gigi tiruan cekat (jacket crown) pada gigi tersebut. Untuk pemilihan ini Anda bisa
langsung mungunjungi dokter gigi untuk berkonsultasi, karena untuk menentukannnya dokter gigi harus lihat dulu keadaan giginya secara langsung.
Saran saya, sebaiknya segera dirawat, karena bila gigi sudah mati didiamkan lama-2 bisa menyebabkan sakit, dan infeksi bisa melebar.

No comments: