Pages

Tuesday, April 22, 2008

Gigi sering berdarah

Pada saat gosok gigi, gigi sering berdarah...padahal saya rejin gosok gigi
Pertanyaannya :
1. Dalam kasus pada no. 1 diatas apakah yang terjadi dengan gigi saya?
2. Faktor - faktor apakah yang menyebabkan gigi saya berdarah tiap kali saya gosok gigi?
3. Apakah yang harus saya lakukan agar gigi saya tidak lagi berdarah ketika digosok?
4. ada dua geraham saya telah ditambal timah, geraham kiri dan kanan. pada geraham kanan warnanya mnenjadi hitam dan kadang -kadang terasa sakit., sedangkan geraham kiri tidak berwarna hitam dan tidak sakit.
a. Apakah yang terjadi pada gerham kanan saya tersebut? busuk kah ?
b. Tindakan apa yang harus saya ambil untuk geraham kanan tersebut.
5. Berapakah biaya yang diperlukan untuk menambal gigi yang bolong dengan bahan porselen ?

Jawaban drg. Lika :

1. Saya tidak dapat memastikan kenapanya, karena saya belum lihat langsung giginya, tapi saya rasa bila berdarah saat sikat gigi berarti gusinya yang berdarah.
2. Bisa karena penyikatan yang terlalu keras, atau adanya karang gigi yang menyebabkan gusi meradang sehingga mudah berdarah saat disikat.
3. Coba cari penyebab pastinya dulu ke dokter gigi, biar dilihat keadaannya langsung. Bila karena karang gigi, segera lakukan pembersihan karang gigi oleh dokter gigi. Tapi bila hanya karena iritasi gusi akibat penyikatan gigi, maka gantilah sikat gigi dgn sikat bulu halus dan lakukan penyikatan gigi dengan gerakan yang benar, coba deh liat website ini di bagian tips menggosok gigi (bukannya promosi lho hihihi...)
4. a. Adanya rasa sakit bisa disebabkan oleh bocornya tambalan timah (amalgam) tersebut.
4. b. Sebaiknya cari tau apakah benar tambalannya sudah bocor atau rusak, kalo ia, cepet-2 aja diganti dengan tambalan yang baru.
5. Bahan porselen digunakan untuk tambalan jacket crown (mahkota buatan), biaya porselen lebih mahal dari akrilic (semacam plastik) karena lebih kuat dan warnanya lebih bagus. Biayanya, saya tidak tau biaya rata-2 berapa, sebab tiap klinik gigi punya standar harga berbeda-2 lho.. tapi kalau saya buat mahkota porselen, 1 gigi biayanya
sekitar 350 ribu.

1 comment:

Raja said...

Beberapa hari yang lalu saya baru saja membersihkan karang gigi. Kemudian oleh dokter diberikan pasta gigi merk Dentova, dan disarankan gosok gigi 2X sehari.
Namun setelah gosok gigi malam, besok paginya saya merasa lapisan kulit bibir bagian dalam seperti terkelupas.
Apakah hal ini wajar? Apakah ini efek dari pasta gigi atau efek lain?
Mohon pencerahannya dokter.
Terima kasih