Pages

Tuesday, April 22, 2008

Gigi tidak bisa berwarna putih cemerlang

Gigi saya tidak bisa berwarna putih cemerlang. Menurut saya agak rapuh, bagian tepinya "tererosi", tidak sampai goyang. Saya punya gigi berlubang pada geraham bawah sebelah kiri, sudah ditambal. Akhir-akhir ini agak terasa linu kalau makan terlalu manis/dingin. Geraham kanan bawah saya tidak ada, dicabut waktu umum 12 th. Geraham belakangnya sedang tumbuh, sehuingga tidak nyaman untuk mengunyah. Selama ini saya makan menggunakan gigi kiri. Saya pernah disarankan untuk mengunyah kanan-kiri, tapi yg kanan tidak nyaman karena bolong/ompong. Otot/? yg dirahang jadi tidak seimbang.
Saya pernah cabut gigi taring atas sebelah kanan karena "gingsulnya" terlalu ke atas (lk umur 12 th). Sekarang gigi saya lumayan rapi tapi miring, karena gigi taringnya cuma satu. Saya sekarang memakai kaca mata minus dan silinder (ki-ka -1/2, syl 1/2). Saya menggosok gigi min. 3x sehari. Tiga hari sekali saya memeriksa gigi saya dan mendapati kotoran lalu saya bersihkan dg tusuk gigi terutama pada bagian yg sulit terjangkau sikat gigi (sekitar geraham bagian dalam) dan geraham kanan atas).
Pertanyaannya:
Mengapa gigi saya tidak putih? Mengapa gigi saya rapuh? Apakah ada hubungannya cabut gigi atas dg mata minus? Bagaiman dg kebiasaan saya membersihkan kotoran pada gigi? Apa saran dokter untuk saya?
Oya, sikat gigi seperti apa sih yg bagus? Saya menggunakan sikat bergagang lurus untuk anak-anak, karena yg untuk orang dewasa kepalanya terlalu besar. Bagaimana yg benar?


Jawaban drg. Lika :

Warna gigi sangat relatif, tergantung dari 'sananya' (masa pertumbuhan dan pembentukan gigi), tapi selama tidak putihnya bukan karena kotoran dan karang gigi, saya rasa tidak apa-2 lho.. tapi kalau tidak putih karena adanya kotoran atau karang gigi sebaiknya gigi
dibersihkan.
Kalau gigi rapuh itu dipengaruhi oleh keadaan saat pembentukan dan pertumbuhan gigi. Untuk menjaganya biar tidak cepat rusak, dijaga aja kebersihannya, segera dirawat bila diketahui ada lubang walaupun masih kecil lubangnya sehingga kerusakan tidak tambah luas. Jadi rajin kontrol gigi ke dokter gigi minimal tiap 6 bulan sekali. Tambahkan kumur-2 flour bila perlu, namun untuk hal ini Anda harus dikonsultsikan dulu jumlahnya (dosisnya) pada dokter gigi anda.
Mengenai kebiasaan membersihkan gigi dengan tusuk gigi tidak apa-2, tapi tusuk giginya harus bersih dan tidak tajam ujungnya, sebaiknya ujungnya tumpul membulat. Tapi saran saya sebaiknya Anda gunakan benang gigi untuk membersihkan gigi selain sikat gigi.
Sikat gigi yang bagus yang sesuai dengan keadaan rongga mulut kita. Pilihlah sikat gigi yang pas besarnya sehingga dapat menjangkau seluruh gigi, juga pilih bulu sikat yang lembut.
Pilihan Anda untuk memakai sikat gigi anak-2 itu sudah bagus, karena sikat gigi tersebut bisa menjangkau gigi-2 belakang untuk orang yang rongga mulutnya sempit.

1 comment:

Unknown said...

Mau taya Dok,?...Saya punya masalah gigi,, gigi saya tuh berwarna kuning dan berflat.., padahal saya udah sikat gigi ruting tapi tetep gak bisa putih dan bersih ,,Kenapa nya Dok ??