Pages

Tuesday, April 22, 2008

Mengalami sakit gigi

Begini dok, 2 minggu terakhir ini saya sering mengalami sakit gigi (entah gusi) ketika makan. sehingga saya perlu berhati2 dalam mengunyah makanan. ini yg membuat saya menderita sekali. setelah saya berobat, ditemukan bhw ada gigi geraham yg bolong. tetapi setelah ditambal sakit iotu masih tetap ada. Pertanyaannya penyakit apa yg saya derita ini dok? Penyembuhannya bagaimana? dan obat yang perlu saya makan apa ?

Jawaban drg Lika:.

Kalau menurut ceritanya, setelah gigi ditambal tapi masih sakit, berarti masalah bukan pada giginya lagi, mungkin pada gusinya. Jadi saat makan, makanan menekan atau menyangkut pada gusi yang terletak diantara dua gigi, terus menerus seperti ini, setiap hari, setiap makan, menjadi kotor, sehingga menyebabkan radan gusi didaerah tersebut. Saya hanya memperkirakan keadaannya, karena saya tidak melihat langsung keadaan giginya, tapi keluhan seperti ini sering ada pada pasien-2. Nah, ada baiknya Anda sekali lagi pergi ke dokter gigi, untuk memastikan keadaan gusinya itu. Bila emang benar penyebabnya gusi, coba deh, rajin-2 menggunakan benang
gigi (dental floss) untuk membersihkan dan mengangkat sisa makanan yang tersangkut di sela gigi tersebut. Coba deh lihat website http://go.to/periksa-gigi-dong di bagian tips menggunakan benang gigi. Untuk obatnya ada obat kumur untuk mengobati radang gusi, namanya obat kumur Minosep (bukan promosi lho), bisa dibeli bebas di apotik atau toko obat, tapi kalau susah mencarinya, bisa juga obat kumur betadhine. Untuk sementara sebelum beli obat kumur, coba kumur-2 dengan air garam hangat (satu gelas air matang hangat
ditambahkan 1/2 sendok teh garam dapur) dikumur-2 setiap habis gosok gigi pagi dan malam/sore saat mandi.
Semoga cepat sembuh ya.

No comments: