Pages

Tuesday, April 22, 2008

Gigi berlubang bekas tambalan

Gigi saya berlubang bekas tambalan waktu saya masi kelas 6 SD, gigi ini kembali berlubang saat saya masih kuliah, apa yang harus saya lakukan bila gigi terasa sakit, apakah harus dicabut atau ditambal lagi ?
(Pertanyaan) bagaimana cara membersihkan gigi yang berlobang, pasta gigi apa yang cocok untuk saya, dan apakah dengan berkumur dengan air garam dapat membersihkan gigi, terima kasih

Jawaban drg Lika :

Dicabut atau ditambal lagi, tergantung keadaan giginya, kalau giginya masih memungkinkan untuk dipertahankan dengan ditambal, misalnya giginya masih cukup besar/tebal dimana kerusakan atau lubangnya belum terlalu besar, maka gigi tersebut sebaiknya ditambal saja, sayang kalaudicabut. Tapi kalau sisa gigi tinggal sedikit, lubang sudah terlalu besar/luas, sehingga sudah tidak memungkinkan ditambal, sebaiknya dicabut aja segera, karena bila didiamkan lama bisa mengakibatkan infeksi. Membersihkan gigi yang berlubang, bisa dengan tusuk gigi yang ujung bulat tumpul dan bersih dengan hati-2, untuk mengorek kotoran yang ada pada lubang, tapi sebaiknya dilakukan oleh dokter gigi dengan alat khusus, karena bila memakai alat sendiri belum tentu dijamin
kebersihannya (steril tidaknya)
Pasta gigi asalkan mengandung fluoride, merk apa saja baik, tapi khusus untuk orang-2 dengan gigi yang sensitif (sering ngilu) sebaiknya mencoba pasta gigi khusus seperti sensodine, karena bisa mengurangi rasa ngilu
karena gigi yang sensitif. Juga perlu diperhatikan, pilihlah pasta gigi yang mengandung pH normal, sehingga tidak akan merusak gigi.
Air garam merupakan larutan antiseptik ringan, buatan sendiri, tapi tidak dapat membersihkan gigi, hanya bila ada luka pada gusi, luka tersebut bisa cepat sembuh dengan kumur-2 air garam. Untuk membersihkan
gigi hanya bisa dengan menggosok dengan sikat gigi dan membersihkan sela-2 gigi dengan dental floss (benang gigi).

2 comments:

Anonymous said...

Dokter,sy ingin meminta solusi yg tepat mengenai gigi sy yg berlubang lalu ditambal,n tambalan y sudah tdk kuat n lepas,n smnjk lepas tambalan ya itu,saya diam kan saja,tdk mengunjungi dokter lagi,dan akhir ya gigi ini berlubang cukup besar,n mungkin sudah tak berfungsi lagi?apa yg sy lakukan??
Dok,gigi saya pun cepat sekali rapuh,gigi depan saya ini sudah 3x berturut2 ditambal-bongkar-tambal lagi,apa yg bisa saya lakukan dgn gigi rapuh saya ini???apa memakai gigi palsu kah???
Dok,gigi bawah saya sudah ompong 3gigi.
Lalu apa yg saya lakukan,karn gigi sy ini kosong,sehingga gigi2 yg lain ya itu jarang2,apa kah memakai gigi palsu lalu pasang kawat gigi dok???
Wlpn pake gigi palsu,baik ya itu gigi palsu yg ditanam atau lepas.namun jarak gigi yg kosong ini berjauhan,1 gigi disebelah kanan,2gigi disebelah kiri,lalu bagaimana dok????
Mohon bantuan ya.

°°♥ -̶̶•-̶̶•̸Ϟ•̸ τнäиκ чöü •̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ ♥°°

Nunu disini ,,,,, said...

Malem,,, dok
sy mau tnya,,, sya abis cabut gigi,,, giginya udah goyang,, sy cabut gigi bagian bwah kanan ,,,
nah dok udahnya itu sakit nah kirain sakitnya bakal ilang bntar,,, trnyta ampe malem sakitnya nambah,,,
terus pas sya liat di bagian lobang gigi yg bekas cabutan,,, ada kya putih" dari gusinya itu kenapa ??
dok sy abis d cabut,,, malemnya lngsung kumur air anget garam gapapa emangnya dok ??

ditunggu balasan dokter
terimakasih