Pages

Tuesday, April 22, 2008

Gigi sudah berlubang cukup lama

Saya punya gigi yang sudah berlubang cukup lama karena dulu waktu kecil saya suka sekali makan permen
sekarang ini bahkan gusinya sudah berlubang juga sehingga seringkali gusi saya berdarah pada saat saya menyikat gigi
Saya tidak pernah mengunjungi dokter gigi karena biayanya yang saya rasa cukup mahal sementara saya tidak punya biaya

Jawaban drg. Lika :

Gigi yang berlubang sebaiknya segera ditambal, untuk mengihindari bertambah parahnya lubang gigi tersebut. Karena bila gigi yang lubang didiamkan lama, bisa semakin melebar, dan bila sudah sangat parah gigi tersebut harus dicabut, tidak dapat ditambal lagi, sayang ya kalo kita jadi ompong.. masih muda lagi...:)
Nah, mengenai gusi yang berdarah itu, ada beberapa penyebabnya, bisa karena iritasi dari sikat gigi, sebaiknya pilih sikat gigi dengan bulu lembut (soft) dan gerakan sikat juga harus diperhatikan, coba deh kalau ada waktu buka website http://go.to/periksa-gigi-dong bagian tips menggosok gigi dan tips memilih sikat gigi
Nah, penyebab kedua bisa karena adanya karang gigi di balik/dibawah gusi, sehingga menyebabkan gusi radang, dan saat sikat gigi berdarah. Saran saya segera dibersihkan karang gigi nya... tapi hanya bisa dibersihkan dengan alat-2 kedokteran gigi oleh dokter gigi, karena karang gigi melekat kuat di permukaan gigi dan tidak dapat hilang hanya dengan menggosok gigi atau hanya dengan obat kumur. Mengenai biaya, memang sih perawatan gigi masih mahal... karena sebagian
besar obat, bahan, dan alat-2 kedokteran gigi masih import, maklumlah belum ada buatan Indonesia.. apalagi semenjak krismon.. wah, makin mahal aja deh.
Karena anda tinggal di Bogor, agak jauh juga ya ke Jakarta. Saran saya kalau lagi ke Jakarta coba deh sekali-2 datang ke
polikilnik gigi di fakultas kedokteran gigi - UI, disana ada klinik gigi dengan yang merawat para mahasiswa FKG yang sudah praktek (Ko-Ass), nah disana mengenai biaya rasanya cukup terjangkau deh.. perawatannya juga dapat dipercaya karena walaupun mereka masih mahasiwa tapi mahasiswa yang sudah lulus sarjana kedokteran gigi, dan pekerjaannya di klinik itu diawasi oleh dosen-2 sebagai supervisor mereka. Namanya RSGM (rumah sakit gigi dan mulut) OK, selamat mencoba..!

No comments: